Selasa, 01 Agustus 2023

Kolaborasi Mahasiwa PPL UNY jurusan Tata Boga dengan Guru di SMK Sahid Surakarta



Micro Teaching adalah mata kuliah intrakurikuler yang bersifat aplikatif dan terpadu dari seluruh pengalaman belajar sebelumnya ke dalam program pelatihan prajabatan untuk menyiapkan mahasiswa agar menguasai kompetensi keguruan, sehingga dapat mengemban tugas dan tanggung jawab secara profesional.



Pada tahun ajaran baru 2023/2024 ini SMK Sahid Surakarta kedatangan mahasiswa PPL dari Universitas Negeri Yogyakarta. Masa praktik mengajarnya dari bulan Juli – September 2023 . Mahasiswa yang dikirimkan ke SMK Sahid Surakarta sejumlah 7 orang. Adapun nama-nama dari PPL UNY tahun ajaran 2023/2024 yaitu Teguh Wicaksono, Vira Yolanda, Suci Mulia Ningrum, Talitha Audi Arnessa, Galih Dwi Anjasmoro, Fadhlullah Afif , Anekadila Intan Winanda. Mahasiswa tersebut berasal dari berbagai daerah yaitu Kalimantan, Blora, Bantul dan Sleman Yogyakarta.

Pengajaran mikro merupakan jurusan Pendidikan Tata Boga, sehingga didampingi oleh guru guru jurusan Tata Boga. Adapaun guru pendamping untuk Mahasiswa tersebut yaitu Ibu Rara Lusiana Dewi, S.Pd , Ibu Erni Rahmawati, S.Pd, Ibu Noerani Kristina, S.E , Ibu Miftah Ayu Fadilah, S.Pd, Ibu Ariska Dyka, A.Md, Ibu Sanza Dyaz, S.Pd. Mahasiswa tersebut mendapatkan jadwal  mata pelajaran yang berbeda-beda , sesuai dengan mata pelajaran yang diampu oleh guru pendamping.



Salah satu karakter pengajaran mikro adalah kegiatannya terkontrol secara langsung sehingga dimungkinkan adanya pemberian balikan secara cepat bagi calon guru yang sedang berlatih. Micro teaching bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran, yang selanjutnya dapat dipakai sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga pendidik yang professional. Di samping itu, kegiatan ini juga bertujuan agar mahasiswa memiliki kesiapan melaksanakan PLP-KKN Integatif sebagai kelanjutan dari micro teaching. Target yang ingin dicapai micro teaching adalah terbentuknya calon guru yang memiliki kompetensi, baik pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial.

Untuk mempersiapkan pengajaran dengan kurikulum merdeka, maka mahasiswa diwajibkan untuk melakukan micro teaching dengan materi kurikulum merdeka, dimana mahasiswa nanti mampu untuk menurunkan CP menjadi TP dan menyusun materi serta pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi. Dalam hal ini mahasiswa sangat antusias dalam melaksanakan praktik pembelajaran kurikulum merdeka, mulai dari mempersiapkan modul ajar, media, alat praktikum, dan juga penilaian formatif atau analisis diagnostic.