Minggu, 07 Mei 2023

UJIAN KOMPETENSI LSP P1 AKHIR PENENTU KELULUSAN SIAPA TAKUT ?

Kegiatan uji kompetensi ini merupakan salah satu ujian untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa SMK yang akan menyelesaikan pendidikannya khususnya jurusan Tata Boga. Memfasilitasi siswa SMK yang akan menyelesaikan pendidikannya untuk mendapatkan sertifikat kompetensi LSP P1. Sistem sertifikasi kompetensi kerja di Indonesia dilakukan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2018. BNSP akan mengeluarkan sertifikat berlambang garuda emas yang berguna untuk melamar pekerjaan.

Tujuan dari kegiatan uji kompetensi yaitu untuk mengukur kompetensi siswa pada 4 mata pelajaran. Khususnya di jurusan Tata Boga, materi yang diujikan yaitu Pembuatan Makanan Kontinental, Pembuatan Makanan Indonesia, Pembuatan Bakery dan Pastry, dan Makan Minum melakukan pelayaanan makan dan minum.

Pada ujian kompetensi tersebut anak diharuskan memasak sejumlah hidangan dalam satu waktu hingga menyajikannya dengan bagus seperti pada gambar diatas.

Masakan yang harus di oleh siswa antara lain :

Setiap siswa akan menempuh ujian tersebut dalam waktu 3 hari. Hari pertama untuk memasak Makanan Indonesia dan Makanan Kontinental, hari kedua memasak pastry bakery dan hari ketiga melakukan pelayanan makan dan minum. Pada setiap mata ujian memiliki syarat dan ketentuan lulus masing-masing. Apabila ada salah satu indicator belum lulus, maka harus melakukan pengulangan hingga lulus sesuai kriteria.

Sebelum melakukan ujian, siswa wajib membuat proposal persiapan kerja yang berisi rincian semua bahan untuk pengolahan, menghitung harga bahan, menghitung harga jual , melakukan bimbingan persiapan, menuliskan kriteria hasil yang ingin dicapai sebagai pedoman.

Banyaknya masakan yang dibuat membuat sebagian siswa menjadi takut dahulu, di dalam benaknya apakah bisa melakukan semua itu dalam satu waktu ?

Tuntutan dari LSP P1 ini bertujuan untuk mengukur tingkat kompeten siswa, sehingga menciptakan siswa yang benar benar siap bekerja sesuai kompetensinya. Sertifikat dari BNSP sangat berguna guna menunjukkan seberapa ia memiliki kompetensi.

                             

 Perasaan berdebar ketika akan mengikuti ujian kompetensi ini dilanda setiap siswa. Peralatan tempur seperti pisau dapur, pisau piller dan sebagainya serta semua bahan makanan harus sudah disiapkan. Karena banyaknya alat dan bahan membuat siswa berdebar karena takut serta antusias . Tapi siswa yakin, dengan tekat kuat dan tenaga penuh pasti bisa melewati ujian tersebut.

Pada akhir ujian, semua menu harus di display diatas meja masing-masing. Plating cantik diatas piring atas gelas, hiasan unik di atas meja serta keterangan dari masing-masing menu membuat presentasi akhir yang menarik. Plating serta display juga merupakan nilai tambahan dari nilai utama yaitu rasa dan warna masakan itu sendiri.

                                

Segenap civitas SMK Sahid Surakarta dan tim teaching serta penguji dari jurusan Tata Boga senantiasa mendukung penuh atas terlaksananya ujian kompetensi LSP P1 yang dilakukan anak-anak kelas XII tahun ajaran 2022/2023. Semua berkas, bahan , tempat dan segala fasilitas kami siapkan dengan seksama. Satu per satu kami cek , demi kelancaran ujian hingga hari terakhir. Semua siswa kami fasilitasi dengan sama rata.

Sehingga ujian kompetensi LSP P1 tahun jaran 2022/2023 telah terlaksana dengan baik dan lancer hingga hari terakhir. Ujian kompetensi yang menjadi momok menakutkan bagi setiap siswa, akhirnya bisa dilalui dengan penuh semangat serta dukungan penuh dari semua pihak termasuk kedua orang tua mereka .

 

         

           UJIAN MATA PELJAARAN PELAYANAN MAKAN DAN MINUM

 

        

              UJIAN MATA PELAJARAN PASTRY BAKERY


 

SELAMAT DAN SUKSES ANAK-ANAK TAHUN AJARAN 2022/2023